METODE DAN ALAT LATIHAN - PRAMUKA SMAN 2 BABELAN

METODE DAN ALAT LATIHAN

METODE DAN ALAT LATIHAN
Kegiatan kepramukaan harus dilaksanakan dengan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, antara lain dalam bentuk kegiatan menarik yang mengandung pendidikan. Agar kegiatan itu menarik bagi peserta didik, maka penyajian bahan kegiatan harus dilakukan dengan berbagai variasi, yaitu menggunakan berbagai macam metode dan alat latihan.

METODE
Berbagai macam metode yang dapat digunakan, antara lain:
  • Pemecahan masalah, misalnya membaca tulisan sandi, mencari jejak, dan lain-lain
  • Tak terduga (surprise) misalnya member hadiah ulang tahun, member penghargaan regu, dan sebagainya
  • Lomba, baik secara perorangan atau secara kelompok
  • Kerja kelompok, dengan pemberian tugas kepada kelompok untuk mengerjakan suatu pekerjaan
  • Demonstrasi (peragaan) dengan memperhatikan suatu kecakapan tertentu
  • Diskusi, yaitu memperbincangkan suatu masalah dan berusaha mengatasi masalah tersebut
  • Pangkalan, yaitu menggunakan beberapa pangkalan sebagai tempat untuk member latihan tentang beberapa hal sekaligus dalam waktu yang sama.
  • Bermain peran, yaitu melakukan peran tertentu dalam rangka menanamkan suatu sikap agar lebih dihayati oleh peserta didik (PesDik)
  • Curah Gagasan (Brainstroming), yaitu cara untuk mengumpulkan banyak gagasan dalam waktu yang singkat
  • Belajar sambil melakukan (learning by doing) yaitu peserta didik diberi latihan, tetapi sekaligus dengan mempraktekannya.
  • Belajar sambil mengajar (learning by teaching), yaitu peserta didik mengajarkan sesuatu kepada orang lain, sambil ila belajar sendiri
  • Dinamika kelompok, yaitu metode yang digunakan untuk membuat agar peserta didik dalam kelompok menjadi bergerak atau dinamis
  • Ceramah, yaitu pemberian informasi dengan cara monolog, dan diakhiri dengan Tanya jawab.

ALAT-ALAT LATIHAN
Agar latihan dapat menarik dan tidak menjenuhkan,, selain digunakan variasi metode, dapat pula diusahakan dengan menggunakan berbagai alat latihan.
Ditinjau dari keasliannya dapat dibedakan:
Benda asli, artinya benda yang sesungguhnya
Benda tiruan atau model, benda yang dibuat dari bahan lain tetapi bentuknya seperti benda asli; mungkin ukurannya lebih kecil.

Alat yang berbentuk gambar
  • Gambar atau lukisan
  • Poto atau slide
  • Filem atau video
Alat yang berbentuk barang cetakan dan tulisan
  • Surat kabar, majalah, bulletin, brosur
  • Surat
  • Kartu nama, kartu undangan
Bahan alam sekitarnya
  • Tumbuh-tumbuhan hidup atau yang dikeringkan, daun kering dan lain-lain
  • Binatang Pasir, tanah liat, kayu, batu padas, dal lain-lain
  • Buku
Perlengkapan pramuka
  • Tali, tongkat, pluit
  • Peta, kompas dan lain-lain
  • Bendera morse, bendera semaphore
Perlengkapan keterampilan
  • Pisau, belati, kapak
  • Alat masak dan lain-lain
Perlengkapan permainan
  • Bola (berbagai macam)
  • Alat olah raga
  • Berbagai macam mainan
Barang bekas
  • Kaleng susu, kaleng mentega, kaleng roti
  • Bungkus rokok, kotak korek api
  • Botol kecap dan lain-lain

YANG PERLU DIPERHATIKAN
  • Pembina harus mampu memilih alat dan metode yang tepat dan mampu membuat variasi. 
  • Usahakan menggunakan alat yang praktis dan ada disekitar tempat latihan
  • alat yang digunakan "siap pakai" dan tidak membahayakan.


Daftar Isi

No comments: